236 Kasus Terkonfirmasi PMK di Demak, 67 Ekor Dinyatakan Sembuh

Meski tidak dilakukan penutupan, namun pihaknya tetap melakukan upaya pemantauan dan pengawasan terhadap ternak yang ada.

“Namun sebagai upaya pengendalian penyebaran PMK, dilaksanakan pemantauan, pengawasan ternak yang masuk ke kandang-kandang milik peternak, pedagang, operasional pasar hewan. Dan giat ini juga berkoordinasi dengan Perangkat Desa serta Kapolsek wilayah,” Jelasnya.

Sambungnya, juga dilakukan cek point terhadap hewan ternak yang melintas di wilayah Demak.

“untuk hewan ternak juga kita lakukan cek point perjalanan ternak yang menuju atau melintas di wilayah Demak,” tambahnya.

Terdapat beberapa strategi pencegahan PMK yang dilakukan, seperti melakukan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi), pemasangan baliho di tempat-tempat strategis, penyebaran leaflet, dan giat pemantauan ternak secara rutin.

Baca Juga :   Ditetapkan Sebagai Zona Merah, Dindikbud Demak Belum Terapkan KBM Tatap Muka

Kemudian, pembatasan dan pelarangan keluar masuk ternak dari daerah tertular ke daerah bebas PMK.

“Selain pemilik atau petugas medik – paramedik dilarang masuk kandang ternak. Karena manusia bisa sebagai carrier atau penyebar penyakit,” Ujarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati