Disperkim Pati Ungkap Program Bedah RTLH Sudah Tersalurkan

Pati, Mitrapost.com – Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati, Suhartono mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyalurkan semua program bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) dalam bentuk material.

“Alhamdulillah, sudah tersalurkan semuanya material tersebut. Baik itu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Program Pemberdayaan Masyarakat Berspektif Gender (P2MBG), program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM),” ujarnya.

Ia menambahkan, hanya ada dua rumah yang tidak disalurkan. Pasalnya, sudah ada yang dibantu oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ada yang tidak bisa menyediakan swadaya.

“Yang satu dapat dana dari APBN sehingga tidak bisa double. Yang satunya lagi, dengan anggaran Rp15 juta dalam bentuk material tidak bisa menyediakan swadaya. Karena anggaran segitu tidak bisa jadi rumah. Harus punya swadaya. Dia tidak sanggup menyediakan swadaya maka ditarik,” jelasnya.