oleh

Tips Kurangi Nyeri Haid

Mitrapost.com – Salah satu tips kurangi nyeri haid adalah dengan mengkompres perut menggunakan pad yang hangat. Mengalami nyeri haid memang sangat tidak nyaman, apalagi jika Anda harus melakukan banyak kegiatan di hari itu.

Dilansir dari Alodokter, nyeri haid bisa terjadi karena kontraksi otot rahim hingga zat prostaglandin dalam tubuh yang meningkat.

Agar Anda tetap bisa beraktivitas dengan nyaman, berikut tips kurangi nyeri haid.

Mengkompres Perut

Untuk mengurangi nyeri pada perut, Anda bisa mengkompres perut dan punggung bagian bawah dengan pad atau kompresan hangat. Lakukan hal itu selama 15-20 menit sebanyak tiga kali dalam sehari.

Cara ini ternyata dipercaya bisa meredakan nyeri seefektif meminum obat pereda nyeri.

Pijat Lembut Pada Perut

Pijatlah area perut yang nyeri dengan pijatan yang lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama lima menit.

Anda juga bisa melakukannya sambil mengkompres perut. Lakukan pijatan dengan mencampurkan minyak kelapa atau jojoba oil dengan minyak esensial.

Minyak ini memiliki sifat antiradang dan antinyeri yang berguna untuk meredakan nyeri haid.

Hindari Soda dan Kafein

Hindari makanan dan minumam yang bisa menyebabkan Anda mengalami kembung dan kelebihan cairan tubuh seperti soda, kafein, minuman beralkohol.

Makanan berlemak dan makanan asin juga sebaiknya dihindari. Sehingga rasa sakit dan nyeri bisa berkurang.

Minum Teh Dengan Jahe atau Mint

Teh dengan campuran jahe atau daun mint bisa meringankan nyeri dan mencegah perut kembung saat Anda haid.

Mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yoghurt, hingga ikan juga bisa membantu.

Melakukan Relaksasi

Anda bisa melakukan relaksasi misalnya dengan meditasi, melakukan yoga, atau pilates. Hal ini akan membuat Anda lebi rileks dan membuat Anda lupa dengan nyeri yang dialami.

Ada beberapa gerakan dalam yoga yang diketahui bisa membantu meredakan nyeri punggung saat Anda haid.

Berolahraga

Tetap aktif secara fisik ternyata bisa mengurangi rasa sakit dan kram perut saat haid. Hal ini didasarkan pada penelitian yang membuktikan bahwa wanita yang rutin berolahraga 30 menit dalam 3 hari saminggu, maka akan mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan.

Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat bisa membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Selain itu, mood buruk yang biasa datang saat haid juga bisa berkurang. Tidur Anda akan lebih nyenyak dan stress berkurang.

Anda bisa menambahkan tetesan minyak esensial, misal aroma mawar, jeruk, lemon, atau lavender ke bak mandi Anda.

Demikian tips kurangi nyeri haid. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral