oleh

Puskesmas Sukolilo 1 Tangani Stunting Melalui Program GURITA

Pati, Mitrapost.com – Dalam upaya melakukan penanganan stunting di wilayah Kabupaten Pati, tentunya dibutuhkan inovasi kegiatan guna mensukseskan program penurunan angka stunting yang dilakukan oleh Puskesmas.

Salah satu dari program tersebut yakni bentukan dari Puskesmas Sukolilo 1 bernama GURITA atau Griya Tuna Balita.

Melalui Kepala Puskesmas Sukolilo 1, Edi Siswanto mengungkapkan maksud dari adanya program tersebut yakni untuk melakukan penanganan dan sekaligus pencegahan dalam menindaklanjuti penurunan stunting di wilayah Kecamatan Sukolilo.

“Iya mas dengan Gurita ini tujuan yang jelas adalah salah satu inovasi kegiatan kami dalam melakukan pencegahan dan sekaligus menangani kasus stunting yang terjadi,” jelasnya kepada tim Mitrapost.com.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa dalam program tersebut, hampir sama dengan penerapan Posyandu. Namun, bedanya dalam GURITA dilakukan penerapan 5 meja.

Baca Juga :   Pencegahan Stunting, Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah Diberi Bantuan

Dimana dalam setiap meja mempunyai peranan dan fungsi masing-masing. Mulai dari meja 1 misalnya untuk pendaftaran, kemudian meja 2 untuk pengukuran antropometri.

Dilanjutkan dengan meja selanjutnya untuk pengkajian dan konseling yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas. Kemudian meja 4 dan 5 akan dilakukan pengkajian perkembangan balita serta pengkajian oleh dokter Puskesmas Sukolilo 1.

“Ini baru kami laksanakan mas, yang mana akan dilakukan 5 meja. Dari masing-masing itu akan ada fungsinya, mulia dari pendaftaran, pengukuran, dan juga pengkajian,” terang Edi.

Diketahui bahwasanya program GURITA tersebut baru pertama kali di bentuk di salah satu desa binaan yakni Dusun Poncomulyo Desa Gadudero Kecamatan Sukolilo.

Dalam waktu pelaksanaan kegiatan tersebut, akan dilakukan satu bulan sekali setiap tanggal 5. Desa Gadudero menjadi pilihan, karena pada tahun 2023 telah dinyatakan menjadi salah satu Desa Lokasi Khusus (Lokus) stunting di wilayah Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Atasi Kasus Stunting, Kota Semarang Miliki Rumah dan Kebun Gizi

“Pelaksanaan nanti setiap bulan sekali, yakni awal bulan lebih tepatnya tanggal 5 mas,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral