Beberapa Amalan yang Dapat Dilakukan Saat Haid

Mitrapost.com – Saat haid atau datang bulan, wanita muslim dilarang untuk melakukan beberapa ibadah, seperti salat dan membaca Al-Quran. Kendati demikian, kondisi tersebut tidak bisa dijadikan alasan untuk melewatkan amalan-amalan baik yang mendatangkan pahala lainnya.

Dilansir dari DetikHikmah, berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan saat haid.

Sedekah

Amalan pertama yang dianjurkan bagi wanita haid adalah memperbanyak sedekah. Alangkah lebih baik jika sedekat tersebut diniatkan untuk memperoleh ke-ridha-an Allah SWT. Sedekah merupakan amalan mulia yang dapat meningkatkan keimanan sekaligus membersihkan harta benda yang dimiliki.

Mendengarkan bacaan Al-Quran

Wanita yang sedang dalam periode datang bulan memang tidak diperkenankan memegang Al-Quran. Namun, mendengarkan lantunan Al-Quran juga dapat mendatangkan pahala. Mendengarkan bacaan dari kitab suci dapat menentramkan hati, serta membantu memperkuat hafalan surat.

Baca Juga :   Soda Bisa Percepat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Dalam hadis Ibnu Majah, Aisyah ra berkata, “Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid, dan dia membaca Al-Qur’an.

Berdoa dan Berzikir

Amalan lainnya yang dapat mendatangkan pahala saat haid adalah memperbanyak doa dan zikir. Doa dan zikir dilafalkan untuk memohon pertolongan, juga sebagai cara untuk selalu mengingat Allah SWT dalam setiap keadaan.

Istighfar

Saat haid, wanita muslim dianjurkan untuk banyak beristigfar. Apalagi saat periode tersebut sering kali terjadi perubahan hormon sehingga membuat perempuan menjadi lebih sensitif.

Mendengarkan kajian

Selain memperoleh pahala, mendengarkan kajian juga dapat menambah ilmu keagamaan. Amalan ini juga dapat dilakukan saat periode haid.