Kebakaran di Gunung Lawu Akhirnya Padam

Mitrapost.com – Kebakaran yang terjadi di Gunung Lawu tepatnya di Bukit Mongkrang akhirnya berhasil dipadamkan.

Pemadaman berhasil dilakukan selama 30 menit sejak terjadi pada Jumat (22/9/2023).

“Kurang lebih sekitar 30 menit sudah bisa dipadamkan. Kemudian tadi pagi ada dua titik memang, sebelah puncak dan bawah,” kata Asisten Perhutani BKPH Lawu Utara, Sartono dilansir dari Kompas.

Upaya pemadaman dilakukan oleh masyarakat bersama Perhutani dengan sistem gepyok. Masyarakat sempat kesulitan, mengingat kebakaran terjadi di tengah ilalang yang berada dekat tebing.

Berdasarkan pengamatan lapangan, lahan yang terbakar berada di tiga petak. Titik awal api berada di petak 44-2 dan 39-1, kemudian meluas ke petak 62-A2. Total lahan yang terdampak kebakaran mencapai tujuh hektar.

Sedangkan mengenai penyebab kebakaran, pihaknya masih berkoordinasi dengan Polsek Tawangmangu. Lalu untuk pencegahan kejadian serupa, patroli rutin juga akan ditingkatkan.

Saat ini, jalur pendakian di Bukit Mongkrang masih ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati