146.000 Jiwa di Pati Terdampak Kekeringan dan Kesulitan Air Bersih

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 146.000 jiwa di Kabupaten Pati terdampak kekeringan dan mengalami kesulitan air bersih.

Martinus Budi Prasetya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, mengatakan keterangan tersebut terlihat berdasarkan kalkulasi masyarakat yang membutuhkan air bersih hingga Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Catatan terakhir dari jumlah drop baik air yang kami kirim dan yang menerima bantuan penyaluran air bersih di Kabupaten Pati ini sudah lebih dari 146.000 jiwa yang terdampak kekeringan. Sangat banyak dan besar sekali itu,” katanya.

Pihaknya mengaku, telah memiliki peta kajian resiko bencana yakni terdapat 194 desa yang diprediksi mengalami kekeringan. Utamanya wilayah Pati bagian tenggara meliputi eks-Kawedanan Jakenan dan daerah selatan seperti eks-Kawedanan Tayu.

Baca Juga :   Akibat Musim Kemarau Air di Waduk Gembong Menyusut? Begini Kata Pokdarwis

Namun, hal ini bukan menjadi sebuah harapan. Melainkan setiap tahunnya Kabupaten Pati kerap mengalami kondisi kekeringan hingga kesulitan air bersih seperti ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati