Ekonom Nilai Bansos Sembako Berpotensi Dikorupsi

Mitrapost.com Ekonom senior INDEF Faisal Basri menilai bahwa bantuan sosial (bansos) yang dibagikan pemerintah seharusnya berbentuk uang tunai.

“Secara teoritis ekonomi sampai pemenang nobel ada konsensus bahwa bantuan masyarakat itu tunai,” kata Faisal dalam diskusi INDEF, Senin (5/2).

Menurutnya, pengadaan bansos dalam bentuk sembako perpotensi adanya korupsi, sehingga anggaran tidak sepenuhnya dinikmati rakyat.

“Rata-rata sembako itu 30% hilang. Jadi hak rakyat 100% kalau tunai dapat 100%, gara-gara sembako 70%. 30% dikorupsi panitia pengadaan, pengepakan transportasi jadi kedunguan ini dipelihara terus,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan seharusnya bansos berfungsi sebagai jaringan pengamanan sosial, tidak hanya terjadi di momentum pemilu.

Kemudian, ekonom tersebut juga menegaskan bahwa bansos merupakan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dan anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia.

Baca Juga :   Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak

“Pak Zulhas juga mengatakan bansos itu dari Jokowi, manusia-manusia itu harus dihukum, melakukan kebohongan publik. Jelas-jelas kalau APBN dia (artinya) menyalahgunakan, Jokowi harus dimakzulkan,” tegas Faisal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati