Tips Nyaman Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

Mitrapost.com – Puasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan. Saat berpuasa, kita harus menahan nafsu, termasuk lapar dan dahaga sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Menurut sains, aktivitas ini dapat menjaga kesehatan jantung, mengendalikan gula darah, meningkatkan metabolisme tubuh dan sebagainya. Meski demikian, puasa bisa menjadi tantangan tersendiri badi penderita asam lambung jika tidak dijalankan dengan tepat.

Berikut ini sejumlah tips nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung.

Hindari makanan berminyak

Tips pertama adalah menghindari makanan berminyak dan pedas. Makanan berminyak tinggi lemak tidak sehat yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Selain itu, makanan pedas juga dapat memperparah gejala sistem pencernaan saat berpuasa. Oleh sebab itu, hindari gorengan saat berpuka puasa maupun sahur.

Baca Juga :   Bahaya Konsumsi Nanas Terlalu Sering

Hindari makan cepat

Makan atau minum secara terburu-buru dapat meningkatkan aliran balik asam lambung ke kerongkongan setelah makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit asam lambung, hingga menyebabkan gejala nyeri pada ulu hati dan sesak napas. Lebih baik makan dan minum secara perlahan agar tetap nyaman saat berpuasa.

Hindari makan berlebihan

Selain pantangan makan terburu-buru, hindari pula makan secara berlebihan saat waktu buka dan sahur. Sering kali, setelah seharian berpuasa, nafsu makan meningkat di waktu berbuka hingga mendorong ‘pesta makanan’.