MUI: Berkurban dan Bersedekah Sama Baiknya Dilakukan di Idul Adha

Pati, Mitrapost.com – Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan fatwa yang intinya menyarankan agar umat Islam yang mampu untuk lebih mengutamakan bersedekah uang daripada menyembelih hewan kurban.

Tim mitrapost.com meminta pendapat kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) Pati terkait poin dalam fatwa tersebut.

Abdul Hamid selaku Sekretaris MUI Pati mengatakan antara berkurban dan bersedekah merupakan hal yang berbeda.

“Saya secara pribadi belum menemukan rujukan untuk mengkategorikan sedekah dengan niat qurban. Sedekah dan qurban adalah dua entitas yang berbeda,” ujarnya pada Sabtu (4/7/2020).

Baca juga : Selama Masa Pandemi, Dishub Rembang Kurangi Jam Pemeriksaan Uji Kendaraan

Meski demikian Hamid menganggap bahwa baik bersedekah dan berkurban bukan merupakan suatu hal yang kontradiktif keduanya sama baiknya bila dilaksanakan di Idul Adha.

Baca Juga :   Hari Raya Idul Adha, Sebuah Teladan Kehidupan dari Nabi Ibrahim dan Keluarganya

“Karena baik sedekah maupun qurban substansinya adalah memberikan rasa kepedulian kepada orang lain. Bahwa memperbanyak sedekah di masa pandemi covid, tentu itu sangat bagus. Tapi menurut saya pribadi tidak bisa dikategorikan sebagai qurban. Itu tetap menjadi sedekah Wallahu a’lam,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati