Nikmatnya Tidur Setelah Makan Tapi Mengancam Kesehatan

Selain jenis makanan yang kita konsumsi, kondisi lambung saat mencerna makanan akan lebih banyak mengalirkan darah ke organ tersebut. Akibatnya, aliran darah ke otak akan berkurang sehingga menimbulkan rasa kantuk.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur dan Bangun dalam Bahasa Arab serta Latin

Lalu apa bahaya tidur setelah makan?

Kalau menurut anggapan yang biasa terlontar, utamanya para ciwi-ciwi, tidur setelah makan itu bisa membuat tubuh gampang naik. Dalam kacamata kesehatan anggapan tersebut rupanya benar.

Tidur setelah makan bisa memicu kenaikan berat badan karena asupan kalori yang dikonsumsi tidak dipergunakan sebagai sumber energi. Akibatnya kalori yang menumpuk akan menjadi lemak sehingga menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga :   Info Grafis : Menjaga cairan tubuh saat pandemi

Berbaring atau tidur setelah makan dapat menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat, akibatnya makanan dan cairan lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini disebut sebagai refluks esofagus. Keadaan ini menimbulkan rasa ingin muntah dan mulas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati