oleh

Pastikan Kesehatan Ternak, 6 Dokter Hewan Disiapkan Menjelang Idul Adha

Rembang, Mitrapost.com Selain melakukan sosialisasi terkait penjualan hewan kurban secara online, Kepala Bagian Peternakan dan Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Idam Rahcmati mengaku telah menyiapkan 6 dokter hewan menjelang hari raya Idul Adha.

“Senin (medatang) kita akan keliling untuk pemeriksaan hewan lagi.  Ada 6 dokter untuk 14 kecamatan di Rembang,” jelasnya pada Kamis (23/7/20).

Langkah tersebut, bagi Idam untuk menanggulangi adanya penyakit pada hewan kurban dan mamsehingga mampu tercover dengan baik. “Harapan kami agar segera dilaporkan ke dinas. Ada penyakit atau tidak.  Berbahaya atau tidak.”

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari pemeriksaan hewan kurban sebelum maupun paska disembelih yang telah dilakukan sebelumnya di daerah Rembang.

“Kemarin teman-teman sudah ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan secara fisik.  Yakni dalam rangka pemeriksaan ante mortem dan post mortem.”

Baca juga: Penjualan Hewan Kurban Disarankan Melalui Online

Dalam pemeriksaan tersebut ia menargetkan tidak adanya penyakit menular yang dibawa oleh hewan korban. “Nanti kita periksa mulai organ-organ ada cacing atau tidak.  Atau antraks yang hanya terdeteksi waktu ante mortem. Nanti kita pastikan (kesehatan hewan) dari kepala sampai ujung ekor.”

Ia menuturkan memang selama ini kasus yang dapat terdeksi di daerah Rembang hanya penyakit cacing pada hewan kurban. “Kalau kemarin-kemarin cuma cacing. Kalau antraks belum ada di Rembang, tapi daerah Pati kemarin ada.”

Meskipun begitu ia berharap masyarakat tetap waspada terutama di tengah pandemi seperti ini. “Jangan sampai nanti corona dan antraks menguras energi kita. Harapan kami tidak ada kejadian yang macam-macam,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed