Kenal Dekat Khasiat Madu Klanceng

1. Antioksidan
Madu Klanceng memiliki kandungan senyawa antioksidan bernama protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphe acid, dan serumen. PCA sendiri merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Kol Mentah

2. Antibakteri

Beberapa penelitian mengungkap, mengkonsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi bakteri. Manfaat tersebut datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibacterial. Hidrogen peroksida juga merangsang produksi sitokinin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

3. Anti Peradangan
Madu klanceng mengandung senyawa fenolik yang mampu melawan proses peradangan di dalam tubuh. Seperti halnya, reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti tumor dan kanker.
Selain dapat dikonsumsi apa adanya, madu Klanceng juga dapat dijadikan campuran minuman kesehatan sebagai pengganti gula. Beberapa produk kesehatan seperti salep (obat luar) juga sudah menjadikan madu Klanceng sebagai salah satu komposisi pembuatnya.