Soda Bisa Percepat Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Melansir Kompas.com dari Guardian, salah satu studi mempelajari pola makan dan haid 16.875 anak perempuan berusia sembilan sampai 14 tahun di AS pada medio 1996-2001. Peneliti dari Harvard Medical School mengamati kebiasaan minum minuman manis seperti soda pada ribuan anak perempuan tersebut. Hasilnya, anak perempuan yang minum minuman manis seperti soda rata-rata 1,5 kali setiap hari, menstruasi pertamanya lebih cepat 2,7 bulan ketimbang anak perempuan yang minum minuman manis kurang dari dua kali per minggu.

Baca juga: Petik Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Kendati perbedaan masa awal haid tersebut tidak signifikan, ahli menyebut beda waktu 2,7 bulan bisa meningkatkan risiko kanker payudara sebesar lima persen di kemudian hari. Para peneliti menemukan, gula tambahan seperti yang terkandung dalam soda paling berperan jadi biang haid pertama lebih cepat.

Baca Juga :   Manfaat Timun bagi Kesehatan Tubuh

Pasalnya, minuman dengan gula tambahan memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi ketimbang gula biasa. Hal itu dapat menyebabkan lonjakan hormon insulin. Kenaikan hormon insulin dapat memicu peningkatan hormon seks. Selain itu, minum minuman manis seperti soda dapat meningkatkan obesitas pada anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati