Kodim Pati Gelar Perbaikan Rumah Tak Layak Huni Menyambut HUT Tentara Nasional

Proses pembongkaran rumah dalam program Rehabilitasi Rumah Tak Layak Huni

Pati, Mitrapost.com – Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan bakti sosial berupa Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di seluruh wilayah koramil. Acara tersebut guna memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia ke-75 yang mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri” pada 5 Oktober 2020 mendatang.

Kegiatan baksos yang akan digelar tersebut salah satunya di wilayah Kecamatan Batangan yang dilaksanakan hari ini oleh Koramil 15/Batangan yang  bersinergi dengan Polsek Batangan dan warga desa Bulumulyo Rt. 05/05 Kecamatan Batangan dimulai dengan pembongkaran rumah milik Dadiguno (71) pada Jumat (04/09/2020).

Baca juga: Kodim Pati Kembali Selenggarakan Latihan Menembak

Pemilik rumah tersebut merupakan penyandang disabilitas (tuna rungu dan tuna wicara) yang berprofesi sebagai pemulung. Rumah ukuran 4 x 5 meter tersebut dalam kondisi memprihatinkan dan tak layak huni, bahkan hampir roboh karena termakan usia.

Bangunan mungil yang terbuat dari kayu berdinding papan dan bambu (gedhek) ini sudah hampir satu tahun tidak ditempati oleh pemiliknya karena takut kondisi kayu atau bahan bangunan yang menopang sudah lapuk. Hal tersebut mengaruskan Dadiguna menumpang dirumah salah satu kerabatnya.

Baca Juga :   Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim Pati Gelar Sosialisasi Hingga Tes Urine

Baca juga: Tujuh Prajurit Kodim Pati Melaksanakan Acara Corps Raport

Bersamaan dengan momentum HUT  TNI ke-75 tahun 2020, dan kegiatan Non program dari Kodim 0718/Pati, Koramil 15/Batangan mempelopori penyelenggaraan kegiatan Bakti Sosial tersebut. Perbaikan rumah milik Dadiguno ini juga didukung oleh Pemerintah desa Bulumulyo dan beberapa donatur yang ikut membantu berlangsungnya kegiatan tersbeut.

Pembongkaran rumah berlangsung pada Jumat pagi berasama anggota Koramil 15/Batangan bersama Polsek dan Kades Bulumulyo beserta perangkat dibantu warga sekitar.

Baca juga: Penghijauan di Taman MKRPL, Kodim Pati Manfaatkan Media Pot dan Hidroponik

Danramil 15/Batangan Kapten Chb Wasis saat ditemui dilokasi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah dalam rangka HUT TNI ke-75. “Kegiatan hari ini merupakan proses rehab rumah milik Bapak Dadiguno yang diawali pembongkaran rumah bersama Pak Kades beserta perangkat, Polsek Batangan dan warga sekitar. Rencana untuk proses pembangunan penggalian pondasi rumah akan kami lanjutkan hari senin (07/09) karena menunggu waktu yang tepat sesuai dengan tradisi kearifan lokal,” ujar Danramil.

Baca Juga :   Foto : Kodim Pati Gelar Pembinaan Lingkungan Hidup

“Kegiatan ini merupakan non program yang bekerjasama dengan pemerintahan desa bersama para donatur dan masyarakat sekitar, semoga segera dapat kita selesaikan dan diberikan kelancaran agar dapat ditempati,” lanjutnya.

Baca juga: Hari Kedua Latihan Posko 1, Prajurit Kodim Pati Simulasi Tactical Floor Game

Sementara itu, Kepala desa Bulumulyo Mulyono menyampaikan apresiasi kepada TNI Khususnya Koramil Batangan Kodim Pati atas bantuan yang diberikan kepada warganya. “Terimakasih atas program dari Kodim 0718/Pati khususnya Koramil 15/Batangan, untuk kegiatan RTLH milik bapak Dadiguno mudah mudahan nanti segera bisa ditempati, karena beliau ini merupakan penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara yang sampai saat ini statusnya belum memiliki istri dan keluarga,”Ucap Kades.

Baca Juga :   Perum Bulog Pati Akan Salurkan 961 Ton Beras Bansos PPKM

Kades juga menambahkan bahwa bakti sosial semacam ini sangatlah bermanfaat untuk masyarakat terlabih seperti yang dialami oleh pak Dadiguno. “Kami dari pemerintah desa mendukung sekali program ini dengan harapan bisa selesai 100 persen yang dilaksanakan secara gotong royong oleh Koramil, Polsek dan masyarakat, rencana bangunan yang sudah dirobohkan ini akan dibangun rumah permanen berukuran 4×8 meter,”Imbuhnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati