BMKG Singgung Rembang Masuk dalam Wilayah Hari Tanpa Hujan

Rembang, Mitrapost.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyinggung Kabupaten Rembang menjadi daerah dengan minim curah hujan pada tahun ini, di samping Kabupaten Wonogiri .

Seperti yang dilansir Wartajateng.id, Ir. Tuban Wiyoso mengatakan Rembang telah memasuki wilayah ekstrim terkait curah hujan. Ia menyebutkan Rembang akan mengalami 60 hari tanpa hujan.

“Bahkan sampai kriteria ekstrim lebih 60 hari tanpa hujan terjadi di Rembang, Kecamatan Gunem,” ujar Ir. Tuban Wiyoso, pada Sabtu (12/9/2020).

Selain itu berdasarkan pantauan BMKG Semarang, wilayah Jawa Tengah bagian Timur didominasi kriteria panjang sampai sangat panjang terkait Hari Tanpa Hujan (HTH). Padahal wilayah Jawa Tengah secara umum hanya memiliki jangka 6 sampai 10 hari  HTH.

Baca Juga :   Memasuki Musim Penghujan, Warga Diimbau Waspada Potensi Bencana

Baca juga : Mengalami Kekeringan, BPBD Rembang Salurkan Air Bersih ke 11 Kecamatan

BMKG Semarang bahkan memperkirakan pada Dasarian (satuan waktu meteorologi) ke dua pada September 2020, wilayah Jateng bagian Timur diperkirakan berintensitas rendah. Yakni dengan intensitas hujan hanya kisaran 0-10 mm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati