oleh

Google Drive Akan Hapus File di Sampah Setelah 30 hari

Mitrapost.com – Google akan secara otomatis mengapus file-file di folder sampah Google Drive setelah tersimpan 30 hari. Kebijakan ini akan berlaku mulai Oktober mendatang.

Selama ini, pengguna hanya bisa menghapus permanen file-file yang tersimpan di folder trash secara manual.

“Mulai 13 Oktober 2020, kami mengubah kebijakan penyimpanan untuk item yang tersimpan di Sampah di Google Drive. Dengan kebijakan ini, file apa pun yang tersimpan di sana akan otomatis dihapus setelah 30 hari,” tulis Google seperti mengutip KompasTekno.

Baca juga: Bisa Nonton Bareng, Facebook Usung Fitur Watch Together

Biasanya file-file yang tersimpan di Sampah merupakan fileh yang dihapus sementara dari beranda Google Drive. Meski tersimpan sementara, file tersebut masih memakan memori di Google Drive.

Pengguna masih bisa memulihkan (restore) file di Sampah ke posisi semula apabila masih ingin digunakan. Google juga menjelaskan, untuk file-file yang saat ini masih tersimpan hingga 13 Oktober mendatang masih aman.Namun, 30 hari setelah 13 Oktober, file-file itu akan dihapus otomatis dan berlaku seterusnya.

Baca juga: Terbesar Mengunduh Aplikasi TikTok dari Indonesia

Tidak ada salahnya untuk kembali mengecek file yang tersimpan di folder Sampah, barangkali masih ada yang ingn dipulihkan. Cara memulihkannya adalah, klik kanan file yang dipilih kemudian klik “pulihkan”.

Drive kini sinkron dengan Gmail dan layanan Google lainnya, untuk memastikan perilaku pengguna konsisten dan terprediksi untuk produk-produk G Suite.

Baca juga: Padatnya Jadwal Meeting Virtual Bisa Mengguncang Kesehatan Mental

Mulai hari ini, Google akan memunculkan notifikasi di dalam aplikasi untuk memberi tahu kebijakan ini di pesan dokumen, spreadsheet, slide, dll hingga tanggal 29 September. Ada beberapa catatan untuk pengguna enterprise.

Admin masih bisa memulihkan file di Sampah hingga 25 hari untuk pengguna aktif. Aturan penyimpanan yang diatur admin Google Vault, tidak terdampak kebijakan ini, kecuali aturan yang dibuat sudah kadaluwarsa.

Perubahan kebijakan ini akan berlaku di perangkat dan platform mana pun. File yang dihapus lewat Drive File Stream akan dihapus dari sistem Sampah setelah 30 hari.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait