oleh

Tanggap Bencana, Banser Lakukan Penanggulangan Abrasi di Pantai Pandangan

Rembang, Mitrapost.com Beberapa hari yang lalu, lini masa facebook sempat diramaikan oleh beberapa anggota Banser yang mengangkat bongkahan batu yang ditata di pinggir pantai untuk menahan ombak.

Acara tersebut merupakan bagian dari kegiatan banser tanggap bencana. Sebanyak 50 anggota banser dari tiga wilayah tandang untuk mengurangi dampak abrasi di Desa Pandangan Kulon, Kecamatan Kragan.

Abdul Rosyid sebagai Kasat Korcap Rembang mengatakan bahwa acara tersebut merupakan respon dari postingan masyarakat Pandangan Kulon, yang menyampaikan adanya abarasi di wilayah tersebut.

“Kemarin berjalan dua hari, antara Jumat dan Sabtu. Sebanyak 6 rit batu, hari pertama sebanyak 3 rit dan 3 rit dihari berikutnya,” jelasnya saat dikonfirmasi pada Senin (21/9/2020).

Abrasi di wilayah pantai Pandangan disebabkan karena ada tanjung yang berada di daerah tersebut.  Sehingga air laut masuk dan menelan sepanjang 300 meter jalan di sana.

“Kejadiannya sudah lama. Tapi yang terparah itu sekitar hari itu. Sampai-sampai membuat pemilik rumah salah satu warga sana tidak tidur. Terjaga semalam karena takut.”

Baca juga: Cegah Abrasi, Banser Rembang Buat Penahan Ombak di Tepi Pantai Padangan Kulon

Selain melakukan tanggap bencana berupa penimbunan tanggul.  Banser rembang juga melakukan dropping air bersih selama musim kemarau.

Dalam pengakuan Abdul Rosyid sudah ada wilayah di Rembang meminta di drooping air.     Yakni sebanyak 25 tangki air yang sudah berjalan.  “Kemarin di Pamotan, kalau tidak salah ada 10, wilayah Bulu sudah ada sekitar 15 tangkir air.”

Abdul Rosyid mengaku seluruh kecamatan di Rembang bahkan mengajukan permintaan air bersih.  Ini sejalan bahwa pada tahun 2019, Rembang sempat dilanda kemarau panjang.

“Saya yakin kalau tahun ini terjadi kemarau panjang lagi. Akan semua kecamatan meminta dropping air bersih.”

Kegiatan tanggap bencana ini sudah dilakukan oleh Banser Rembang selama tiga tahun terakhir.  “Semua dana dari pure dari anggota, dengan patungan itu.” (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait