oleh

Tumbuhkan Minat Usaha, Dinporapar Pati Gelar Program Pelatihan Kewirausahaan

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati menggelar program Pelatihan Kewirausahaan bagi para pemuda. Melalui program tersebut, 200 pemuda digembleng guna meningkatkan minat berwirausaha.

Meminimalisir penyebaran Covid-19, acara tersebut digelar dalam beberapa sesi yang setiap sesinya melibatkan sebanyak 25 orang peserta.

Program ini diluncurkan sebagai wujud respon Disporapar Pati terhadap gejala sosial yang muncul sebagai dampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Video : Cabang Olahraga Baru, Disporapar Gelar Pati E-Sport Championship 2020

Di lain sisi, program ini juga diharapkan bisa mengubah perspektif umum banyak orang yang lebih memilih menjadi karyawan ketimbang membuka usaha sendiri.

“Ada pelatihan kewirausahaan. Kita latih bagaimana pemuda ini bisa menjadi wirausaha. Di masa seperti ini kan banyak yang nganggur, kita tuntut mereka bisa ciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” ujar Dani selaku Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Bidang Kepemudaan kepada Mitrapost.com, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Cabang Olahraga Baru, Disporapar Gelar Pati E-Sport Championship 2020

Pelatihan yang dilakukan beragam, seperti halnya tata rias adat Pati, pembuatan snack, beternak lele dan lainnya. Tak hanya itu, peserta juga bisa mengajukan permohonan jenis pelatihan sesuai dengan keinginan.

Sementara, pemateri ditunjuk dari Dinporapar dan melibatkan Disdagperin, Dinas Koperasi dan UMKM, serta beberapa tenaga ahli sesuai bidang yang diinginkan.

Dani berharap keberadaan program ini dapat meningkatkan minat pemuda dalam berwirausaha dan bisa menjadi solusi ekonomi akibat pandemi.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19 di Kalangan Atlet, Bupati Berikan Pembinaan Virtual

“Yang jelas tadinya mereka tidak ada pikiran menjadi wirausaha, hanya menjadi pekerja. Setidaknya pikiran mereka terbuka dan berkeinginan menjadi leader. Juga ada keterampilan menjadi pengusaha yang baik,” kata Dani.

Tahun ini, Dari 7 kecamatan yang diseleksi hanya dua desa yang menggelar pelatihan yakni Desa Tajungsari Kecamatan Tlogowungu dan Desa Kropak Kecamatan Winong. Ke depannya, Dani mengungkap rencana pelatihan serupa bakal digelar di tahun mendatang. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait