oleh

Lonjakan Covid-19 di Rembang, Sumber Jadi Penyumbang Kasus

Rembang, Mitrapost.com – Pasar Sumber telah menjadi klaster baru penyebaran virus corona di daerah Kabupaten Rembang sejak minggu lalu. Munculnya klaster baru ini berawal dari temuan satu orang pedagang yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19.

Menurut data yang disebutkan oleh Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Covid-19, Arief Dwi Sulistya, Jumat (20/11/2020) perkembangan Covid-19 di Pasar Sumber Rembang hingga saat ini tercatat 7 orang positif, dengan rincian 2 orang meninggal dunia, 3 orang pedagang pasar isolasi mandiri, dan kontak erat atau dua keluarga dari pasien.

Baca juga: Covid-19 di Rembang Kembali Meningkat, Bertambah 33 Kasus

Saat ini, tercatat dua daerah di Rembang yang banyak menyumbang jumlah positif di daerah Rembang adalah, Rembang Kota dan Sumber.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Pjs Bupati Rembang, Imam Maskur dalam kesempatan Distribusi 5 Juta Masker Selasa lalu, Ia menjelaskan bahwasannya klaster baru di Sumber telah didata menyumbang jumlah banyak dalam penambahan angka pasien positif di Kabupaten Rembang.

“Kemungkinan terus meningkatnya angka warga yang terpapar covid-19 ini disebabkan oleh pasar di Pati yang ditutup, kemudian sebagian penjualnya pindah ke pasar Sumber” ungkapnya.

Baca juga: Disbudpar Rembang Kembali Usulkan Dua Tempat sebagai Warisan Dunia

Arief menyatakan bahwa hingga saat ini kasus pasar Sumber sudah ditindaklanjuti.

“Kami telah menindaklanjuti pasar Sumber, dan telah kami lakukan penanganan langsung,” ujarnya.

Mengatasi hal itu, tim Satgas telah mencanangkan beberapa penanganan. Di antaranya, pembuatan sekat dari plastik yang membatasi antar pedangang-pedagang dan sekat antar pedagang-pembeli. Selain itu, juga penyediaan sarana cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun di tiga pasar Sumber yaitu pasar Sumber, pasar Kesungasem dan pasar Gregelan.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait