oleh

BUMDes di Bermi Gembong Mampu Suplai Logistik Bansos JPS Jateng

Pati, Mitrapost.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Sejahtera di Desa Bermi, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati patut dijadikan percontohan bagi BUMDes lain di Pati.

Pasalnya, baru 5 tahun beroperasi BUMDes ini mempunyai segudang pencapaian. Mulai dari menyumbang pendapatan asli desa belasan juta rupiah hingga menjadi salah satu suplier dari program bansos Jaring Pengaman Sosial (JPS) di masa pandemi  Corona Virus Desease (Covid-19).

Baca juga: Pjs Bupati Rembang Apresiasi Pendirian Perusahaan Patungan Semen Gresik dan BUMDes

Baharudin, selaku ketua mengungkapkan, BUMDes Bina Sejahtera saat ini bergerak di bidang simpan pinjam, bank sampah, dan menjual kebutuhan pokok rumah tangga.

“Bank sampah kami gagas dan dirikan di tahun 2020, bersama pemuda karang taruna dan diberikan modal Rp70 juta dari pemerintah desa, kira-kira dari di bulan Februari sampai sekarang,” ungkap Baharudin kepada Mitrapost.com, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Sambut New Normal, Kapolres Demak Inginkan di Setiap Desa Ada Bumdes

“Untuk simpan pinjam, kami memberikan pinjaman tanpa agunan dan bunga yang rendah. Di bidang perdagangan kami menjual elektronik kredit dan bahan pokok,” lanjut Baharudin.

Sejak pandemi melanda, BUMDesnya ini juga menjadi penyuplai logistik untuk bansos 2.194 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca juga: Seratus Warga Desa Pamotan Terima Sertifikat LP2B

“Kami dipercaya Dinsos Jateng sebagai suplayer JPS, berupa barang seharga 200 ribu per paketnya, untuk di bagi ke Kecamatan Gembong dan Wedarijaksa. Keuntungannya masuk ke Bumdes.

Di tahun 2019 diketahui Bumdes Bina Sejahtera mampu menyumbang pendapatan asli desa (PAD) sebesar Rp15 juta dengan keuntungan bersih mencapai Rp50 juta. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait