oleh

Ngaku Satgas Covid-19, Penipu di Padang Gasak Perhiasan Korban

Mitrapost.com Mengaku sebagai tim Satgas Covid-19, dua pelaku penipuan berinisial DA (perempuan) dan J (laki-laki) kini mendekam di jeruji besi Kota Padang.

“Pelaku ditangkap atas laporan EW dengan laporan nomor LP/632/B/XI/2020/Resta SKT Unit III. Pelaku DA ditangkap di kawasan Lubuk Buaya dan J ditangkap di Jalan M Yamin,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Padang Rico Fernanda, Kamis (26/11/2020).

Rico mengatakan, pada 9 November 2020, DA mendatangi rumah korban EW di Parupuk Tabing, Padang. Saat itu, pelaku J menunggu di depan rumah korban.

“Pelaku DA mengaku dari tim kesehatan Covid-19 dan menawarkan luluran ke korban. Saat akan melakukan luluran, pelaku meminta korban membuka dua gelang, masing-masingnya 10 emas. Alasannya menyuruh membuka karena menghalangi proses luluran,” urai Rico.

Baca juga: Modus Beli Minuman di Swalayan, Pria di Temanggung Curi Minyak Goreng untuk Dijual Lagi

Setelah selesai luluran, pelaku menyuruh korban untuk membersihkan badannya. Namun saat itu korban memuluskan aksinya, pelaku sudah pergi ketika korban selesai mandi dan gelang emasnya pun sudah raib digondol.

“Pelaku saat ini sudah ditahan. Selain itu kami juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti satu unit mobil, uang tunai Rp 10 juta, satu unit TV, satu unit sepeda motor, satu lembar jimat, jilbab warna hitam dan krem, sepasang kaos kaki dan masker,” kata Rico.

Menurut Rico, pelaku sudah puluhan kali melakukan penipuan. Lokasinya juga berpindah-pindah, tidak hanya di Kota Padang.

“Untuk di Kota Padang, mereka sudah menjalankan aksinya lebih kurang sebanyak 23 kali. Selain itu, mereka juga melancarkan aksinya di Pekanbaru dan Bukittinggi,” ujar Rico. (fp)

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Penipu Modus Jadi Tim Satgas Covid-19 di Padang, Mengincar Perhiasan Korban“. 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait