oleh

Selain Edhy Prabowo, KPK Tetapkan 6 Tersangka Terlibat dalam Suap Ekspor Benur

Jakarta, Mitrapost.com Selain Edhy Prabowo, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tujuh tersangka yang terlibat dalam kasus suap ekspor benur atau benih lobster.

Penetapan ketujuh tersangka tersebut setelah KPK menindaklanjuti operasi tangkap tangan (OTT) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu (25/11/2020) kemarin beserta istri dan belasan orang dalam rombongannya.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjelaskan pihaknya telah melakukan gelar perkara atau ekspose di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020) tengah malam.

Berdasarkan ekspose tersebut, KPK baru menemukan keterlibatan tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, salah satunya Edhy Prabowo.

“KPK sampai menggelar konferensi pers ini sebelumnya telah melakukan gelar perkara, pimpinan dan Pak Satgas, dan kemudian Kedeputian Penindakan. Dalam gelar perkara itu disimpulkan bahwa sejauh ini baru yang tujuh orang yang kami sebutkan tadi yang memenuhi minimal pembuktian dua alat bukti. Sejauh ini baru yang tujuh orang ini saja,” katanya dalam konferensi pers di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Edhy Prabowo Kena OTT, Berikut Pro Kontra Kebijakan Menteri KKP Kabinet Indonesia Maju

Ketujuh tersangka tersebut memiliki peran sebagai penerima dan pemberi dalam kasus suap ekspor benur.

Sebagai penerima:
1. Edhy Prabowo (EP) sebagai Menteri KKP;
2. Safri (SAF) sebagai Stafsus Menteri KKP;
3. Andreau Pribadi Misanta (APM) sebagai Stafsus Menteri KKP;
4. Siswadi (SWD) sebagai Pengurus PT Aero Citra Kargo (PT ACK);
5. Ainul Faqih (AF) sebagai Staf istri Menteri KKP; dan
6. Amiril Mukminin (AM)

Sebagai pemberi:
7. Suharjito (SJT) sebagai Direktur PT Dua Putra Perkasa Pratama (PT DPPP).

Nawawi menjelaskan, istri Edhy Prabowo Iis Rosita yang sempat diperiksa KPK telah dibebaskan lantaran tidak masuk dalam enam orang lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka. (fp)

Baca juga: 

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Staf Istri Edhy Prabowo Jadi Tersangka, Ini Perannya‘.

Komentar

Berita Terkait