oleh

Maksimalkan Pembelajaran Daring, Kemenag Gandeng Google

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 152 lembaga pendidikan madrasah di Pati telah mendapatkan akses e-learning gratis dari Kementerian Agama (Kemenag).

Untuk menunjang program tersebut Kemenag menjalin kerjasama dengan Google sebagai penyedia fasilitas e-learning untuk pembelajaran siswa madrasah.

Baca juga: Kemenag Pati Bakal Gelar Simulasi KBM Tatap Muka di Madrasah Tahun Depan

“Kemenag pusat bekerjasama dengan google, untuk seluruh madrasah. Tapi di Pati baru 152 yang dapat untuk pembelajaran daring,”kata Muhadi, kepala Seksi PDPontren (Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren) Kemenag Pati kepada Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Rencananya, Google akan memberikan 8 aplikasi premium atau berbayar secara gratis dalam jangka waktu yang tidak terbatas kepada siswa dan guru madrasah.

Baca juga: Kemenag: Siswa Madrasah Berprestasi Masuk PTKIN Tanpa Tes

Termasuk diantaranya Google Classroom, Google Meet, dan fitus lain dari Google yang dikolaborasikan. Muhadi mengatakan untuk mengakses layanan Google tersebut setiap Madrasah akan diberikan akun e-mail edukasi dan paket data internet.

Bagi madrasah dapat ingin mendapatkan e-mail edukasi harus sudah terdaftar di e-MIS Kemenag dan e-Ponsel.

Baca juga: Kemenag Pati Prediksi Tahun Depan Jamaah Bisa Jalankan Ibadah Haji

“Nanti dapat paket data gratis, untuk siswa dan guru. Yang penting daftar e-Ponsel Madrasah (laman pengajuan bantuan kuota internet), nanti secara otomatis langsung muncul di sistem. Harus entri data,” katanya.

Karena server Google yang kuat, Muhadi berharap e-learning ini dapat dimanfaatkan oleh guru madrasah untuk menghemat anggaran KBM daring, lebih-lebih dapat memanfaatkan fitur untuk mencari guru dari luar negeri.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Kemenag Pati Gelar MTQ XXXVI dan STQ XXVI

Kendati demikian, madrasah diimbau untuk menerapkan pembelajaran tatap muka, karena beberapa elemen di mata pelajaran pendidikan agama Islam tak bisa digantikan dengan KBM online .

“Kalau mapel pendidikan agama tidak semua bisa di daring, apalagi yang berhubungan dengan Alquran dan hukum Islam. Kalau saintek, internet memang mendukung,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

Tonton video “Cabor Bola Voli Putri Ditargetkan Juara di Porprov Jateng 2022”

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait