oleh

Mutasi Covid-19 di Inggris Rentan Infeksi Anak-anak

Mitrapost.com – Kemunculan virus corona jenis baru santer terdengar di Inggris. Menurut Kelompok ilmuwan dari New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group (NERVTAG) menyebut varian baru Covid-19 rentan menyerang anak-anak.

Virus dengan 17 mutasi di dalamnya itu ditemukan mampu menyebar cepat, menginfeksi anak-anak sama seperti yang terjadi pada orang dewasa.

Baca juga: Video : Gus Mus-Ganjar Minta Kiai Bikin Forum Tangani Covid-19 di Ponpes

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ilmuwan menyebut virus tersebut dengan cepat menjadi strain atau galur dominan di selatan Inggris. Hal tersebut juga berkemungkinan terjadi di negara lain.

Menurut University of Oxford dan Ketua NERVTAG, Peter Horby, virus ini memiliki keunggulan penularan jika dibandingkan dengan varian lain yang ada di Inggris.

Baca juga: Kasus Mutasi Covid-19 Merebak di Inggris, Saudi Tutup Penerbangan Luar Negeri

Sementara profesor dan ahli epidemiologi penyakit menular di Imperial College London, Neil Ferguson, menjelaskan, ada petunjuk bahwa virus ini memiliki kecenderungan lebih besar menginfeksi anak-anak. Menurutnya, tim belum menetapkan kausalitas apapun tentang itu, tapi masih bisa melihatnya melalui data.

“Kami perlu mengumpulkan lebih banyak data untuk melihat bagaimana perilakunya di masa mendatang,” kata Ferguson yang juga anggota NERVTAG.

Baca juga: Pembatasan Jam Malam Upaya Tekan Kasus Covid-19 di Rembang

Wendy Barclay, profesor virologi di NERVTAG, kolega Ferguson di Imperial College, menunjuk kepada perubahan pada cara virus itu memasuki sel manusia. Ini yang berada di balik kemungkinanan anak-anak sama-sama rentan terhadap virus ini saat dewasa.

“Oleh karena itu, dengan pola pencampuran mereka, Anda akan melihat lebih banyak anak yang terinfeksi,” kata Barclay. 

Munculnya mutasi Covid-19 di Inggris ini digadang-gadang memiliki kemampuan menyebar 70 persen lebih cepat dari virus lainnya. Hal ini membuat beberapa negara menutup daerah perbatasannya dengan Inggris.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Artikel ini telah tayang di Tempo.co dengan judul “Ahli: Varian Baru Virus Corona di Inggris Rentan Menginfeksi Anak-anak

 

Komentar

Berita Terkait