oleh

Wisata Tetap Buka di Masa PPKM, Dinporapar: Utamakan Prokes

Pati, Mitrapost.com – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai berlaku hari ini, Senin (11/1/2021) di Kabupaten Pati. Meski begitu, tempat wisata di Pati masih tetap diperbolehkan beroperasi.

“Pariwisata di Kabupaten Pati akan tetap dibuka dengan syarat menegakkan protokol ksehatan dan membatasi jumlah wisatawan yang masuk,” ujar Kunardi, selaku Kasi Pengelolaan Destinasi Pariwisata, Senin (11/1/2021).

Baca juga:Video : Tumbuhkan Minat Usaha, Dinporapar Pati Gelar Program Pelatihan Kewirausahaan

Seiring dengan kebijakan tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati mengajak para pengelola pariwisata mematuhi aturan. Utamanya penerapan protokol kesehatan di area wisata.

“Seluruh pengelola pariwisata di Kabupaten Pati harus menaati surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah,” ungkap Kunardi.

Baca juga: Jelang Libur Tahun Baru, Tempat Wisata Pati Tak Ada Rapid Test Antigen

Diketahui, kebijakan PPKM di Kabupaten Pati mulai diberlakukan pada 11-25 Januari 2021. Kegiatan di tempat wisata dibatasi. Jumlah pengunjung dibatasi paling banyak 50 persen dari kapasitas yang disediakan. Tak hanya itu, jam operasional dibatasi mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Di sisi lain, peraturan tentang PPKM mengenai pembatasan kunjungan wisatawan memiliki dampak kurang menguntungkan bagi pengelola pariwisata. Alhasil, pendapatan pengelola pariwisata anjlok.

Baca juga: Berkaca dari Lawang Sewu, Apakah Vloger Wisata Pati Dikenai Tarif?

“Adanya peraturan tersebut menyebabkan pendapatan pengelola pariwisata berkurang dan nyaris tidak mendapatkan penghasilan. Namun, hal itu terpaksa kami lakukan untuk mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19 di Pati yang memang saat ini berada pada zona merah,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Kunardi berharap adanya kebijakan tersebut mampu menekan angka kasus Covid-19 hingga membuat pandemi cepat berakhir. Sehingga geliat pariwisata bisa tumbuh kembali dan perekonomian di Kabupaten Pati segera pulih.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait