Klaster Keluarga Sumbang Kasus Aktif Covid-19 Tertinggi di Jateng

Semarang, Mitrapost.com Klaster keluarga masih menjadi penyumbang tertinggi kasus Covid-19 di Jawa Tengah. Bahkan persentase klaster keluarga mencapai 70 persen dari jumlah keseluruhan kasus aktif Covid-19.

“Masih (klaster keluarga) cuma sekarang agak mulai menurun ya. Dulu sampai 90 persen, sekarang 70 persen saja,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, Selasa (2/2/21021).

Namun, dia tidak menjelaskan, asal mula penularan kasus Covid-19 di lingkungan keluarga.

“Tidak tahu sumbernya darimana, tapi yang jelas ada salah satu anggota keluarga yang keluar dan mendapatkan itu (virus corona) dan membawa ke rumah. Jadi kalau ada 70 persen mungkin ada sekitar 20 atau 30 persen yang tertular di luar rumah. Tapi ketika di rumah jadi sumber penularan, mungkin di satu keluarga cuma satu orang saja yang suka keluar,” terangnya.

Baca Juga :   Minim Penolakan Vaksinasi, Dewan Optimis Pandemi Segera Berakhir 

Baca juga: Begini Cerita Siswa SMK di Semarang dan Seluruh Keluarga Terpapar Covid-19

Menurutnya, penularan virus corona di lingkungan keluarga dapat dihindari jika masyarakat disiplin menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan makan makanan bergizi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati