Muncul Bibit Siklon Tropis, BMKG Prediksi Potensi Hujan Ekstrem

Baca juga: Hujan Lebat, Tujuh Wilayah di Kecamatan Cepu Kebanjiran

Berdasarkan pantauannya, bibit siklon tropis tersebut dapat disertai dengan pertumbuhan awan-awan hujan dan dalam 24 jam ke depan diprediksi akan berkembang menjadi siklon tropis.

“Dampak dari bibit siklon tersebut adanya aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan, dan berdasarkan data model numerical weather prediction terlihat adanya peningkatan kecepatan angin yang signifikan pada sistem ini untuk menjadi siklon tropis,”

“Kami khawatirkan bibit siklon ini dapat berkembang dalam waktu 24 jam ke depan dengan probabilitas menengah hingga tinggi, berkembang menjadi siklon tropis, yang bergerak ke arah barat,” ucapnya.

Baca juga: Kota Pekalongan Masih Banjir, Status Darurat Diperpanjang

Baca Juga :   BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga Esok

Dwikorita mengatakan saat ini bibit siklon tropis bergerak dengan kecepatan 20 kilometer per jam ke arah barat dan ketika menjadi siklon tropis akan bertambah menjadi 80 kilometer per jam.

Oleh sebab itu ia meminta masyarakat mewaspadai fenomena ini lantaran dapat berdampak terhadap intensitas hujan lebat hingga ekstrem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati