oleh

Petani Pati Diimbau Mampu Merawat Alat Pertanian

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengimbau kepada petani agar merawat dengan alat bantu pertanian yang telah diberikan. Hal ini disampaikan oleh M. Nur Sukarno saat dihubungi pada Rabu (3/3/2021).

“Bantuan alat pertanian yang diberikan oleh Dinas Pertanian harus dirawat oleh petani dengan baik. Apalagi kegunaan alat tersebut sangat penting bagi pembudidayaan pertanian,” ujarnya.

Sebelumnya, para petani tembakau mendapat bantuan berupa motor Viar yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pendistribusian hasil panen.

“Dua hari yang lalu, Dispertan Kabupaten Pati telah menyerahkan sepeda motor Viar kepada kelompok petani tembakau. Total unit yang diberikan sejumlah 6 (enam) unit,” imbuh anggota dewan yang duduk di Komisi D.

Alat bantu tersebut harus dikelola secara baik dan professional baik dari segi administratif maupun fisik.

Baca juga: Bantuan Motor Viar Diharapkan Bantu Distribusi Hasil Panen Tembakau

Selain itu politisi dari fraksi pohon beringin itu menyampaikan perlunya kepedulian bagi seluruh anggota kelompok tani tembakau untuk merawat alat pertanian.

“Kelompok harus menganggarkan uang kas. Gunanya untuk pembelian bahan bakar, keperluan oli pelumas, perawatan spare part atau suku cadang, hingga kebutuhan bagi operatornya. Sehingga bantuan tersebut bisa terawat dengan baik,” paparnya.

Hal tersebut terutama dalam memanajemen anggotanya, namun pemberlakuan kas pada perkumpulan tersebut tidak memberatkan anggota kelompok.

Seperti diketahui Dispertan Provinsi Jawa Tengah menganggarkan dana hibah dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2021 untuk mendukung keperluan petani. Dispertan Jateng menganggarkan bantuan berupa sepeda motor viar, pupuk KNO3, pupuk NPK, kultivator sebanyak 6 unit, mesin perajang sebanyak 6 unit.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Tanaman Semusim Bidang Perkebunan Dispertan, Tri Yulianto, bantuan tersebut akan disalurkan pada bulan April 2021 bertepatan di awal masa tanam tembakau. (*)

Baca juga: Dapat Bantuan Alat Angkut Panen, Petani Tembakau Pati Mengaku Senang

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait