oleh

Dinilai Tak Tepat Sasaran, BPUM Tahap III Butuh Verifikasi

Pati, Mitrapost.com – Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Kabupaten Pati, Narso mengevaluasi penyaluran bantuan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Selama dua kali periode bansos ini, Ia mengaku selalu menjumpai dana yang dibelanjakan tidak tepat sasaran. Kata politisi dari partai PKS itu, meski bantuan disalurkan oleh pemerintah pusat, dinas di daerah harus dilibatkan untuk memverifikasi para penerima bantuan.

“Memang betul di lapangan banyak yang tidak tepat sasaran. Yang punya usaha tidak dapat yang tidak punya malah dapat. Harus ada verifikasi di lapangan. Cuma ini program pusat dan tidak melibatkan pihak-pihak Dinkop UMKM untuk verifikasi,” kata Narso saat diwawancarai Mitrapost.com.

Baca juga: Banyak Warga Tak Cairkan BPUM, Dewan: Perlu Sosialisasi yang Jelas

Selain verifikasi Narso selalu mengusulkan agar Pemkab Pati dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM mempunyai database profil para pelaku UMKM di Kabupaten Pati, sehingga kerancuan data seperti ini dapat diminimalisir.

“Tapi sedari awal saya sudah minta agar punya database pelaku UMKM. Perlu banget Dinkop UMKM punya database UMKM se-Pati. Kalau kota butuhkan mudah diakses,” minta Ketua Fraksi NKRI DPRD itu.

Bantuan Sosial UMKM ini merupakan salah satu yang populer di masyarakat lantaran persyaratannya yang mudah dijangkau.

Baca juga: Video : Dinkop UMKM Pati: Penyaluran BPUM Ditutup Akhir Januari 2021

Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Pati menyebutkan dalam dua kali periode BPUM ada 28 juta pelaku usaha yang mengikutsertakan diri mendaftar. Namun karena kuotanya terbatas hanya 12 juta saja yang terealisasi menerima bantuan.

Di Pati sendiri dalam periode tersebut sebanyak 68 ribu pelaku UMKM telah menerima bantuan. 62 ribu di tahap pertama dan 6 ribu di tahap kedua. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait