oleh

Stok Daging Dipastikan Aman hingga Ramadan

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati fasilitasi Kunjungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kementan), Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (Kemendag), dan Dirut Berdikari BUMN dalam rangka pemantauan ketersediaan Sapi Potong menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional 2021 di PT IMI dan CV Sabar Bersaudara di Kecamatan Margorejo, Selasa (23/3) lalu.

Acara kunjungan tersebut juga turut diikuti oleh Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin. Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Pati, Andi Hirawadi mengaku hadirnya pihak-pihak tersebut juga sebagai respons naiknya harga sapi di kota-kota besar belum lama ini.

“Beliau hadir untuk memantau stok sapi siap potong untuk penyediaan hari besar keagaamaan Ramadan dan Idul Fitri di wilayah Jabodetabek karena pasokan daging hari ini relatif naik,” terang Andi saat diwawancara Mitrapost.com, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: DPRD Pati Dukung Dispertan Pangkas Rantai Distribusi Hasil Tembakau

“Jadi pihak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan mempunyai tugas memastikan pasokannya terpenuhi dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri untuk stabilkan harga mereka kolaborasi,” imbuhnya.

Sementara BUMN Berdikari adalah mitra pemerintah di bidang pengadaan daging sapi potong untuk suplay area Jabodetabek.

Setelah melakukan pengamatan dengan berbagai indikator, Dirjen Peternakan dan Hewan, Nasrullah menyimpulkan jumlah sapi yang tersedia di Pati diproyeksi mampu menyuplay kebutuhan di wilayah Jabodetabek dan Bandungraya hingga Ramadan 2021 mendatang.

Meski harga sapi lokal yang tersedia di daerah saat ini cukup kompetitif, ia berharap hingga Bulan Ramadan harganya tak sampai naik signifikan.

Baca juga: News Grafis : Dispertan Pati Perkenalkan Pertanian Modern Melalui Sekolah Lapang

“Kami pastikan (cukup). Di sini saja (PT IMI) sampai lebaran bisa sediakan dua ribu ekor. Ini baru satu titik,” ujar Nasrullah.

Di lain kesempatan Wakil Bupati Saiful Arifin (Safin) menambahkan, Kabupaten Pati hingga akhir tahun dipastikan mampu mencukupj kebutuhan daging dalam kota dan sekaligus siap menjadi distributor daging ke kota-kota besar. Pasalnya tahun ini produksi dagingnya tergolong surplus.

“Di Pati kandang tidak hanya disini. Ada banyak dari puluhan ekor sampai yang ribuan ekor seperti di sini. Kita ini alhamdulillah baik daging sapi, ayam, dan beras, kita surplus dan kita tingkatkan terus,” kata Safin.(Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait