oleh

Kandungan Nutrisi Jeruk, Buah Sejuta Umat

Mitrapost.com – Siapa yang tidak tahu buah jeruk? Jeruk merupakan salah satu buah terpopuler di negeri ini. Di Indonesia sendiri berbagai jenis jeruk tumbuh di tanah nan subur ini.

Buah yang identik dengan kandungan vitamin C ini menjadi buah favorit banyak orang sebab rasa manis dan asamnya. Selain menyegarkan jeruk juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Memiliki Cita Rasa Khas, Berikut Fakta Nutrisi Sirsak

Selain vitamin C, buah ini juga menawarkan berbagai kandungan bergizi seperti kalsium, kalium, serat, folat, dan berbagai jenis antioksidan.

Berikut ini rincian nutrisi yang terkandung dalam jeruk, Mitrapost.com rangkum dari Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

  1. Karbohidrat

Kandungan utama jeruk adalah karbohidrat dan air. Dikutip dari Verywell Fit, karbohidrat dalam jeruk berasal dari gula sederhana dan serat. Jenis gula sederhana dalam jeruk adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Jenis-jenis gula sederhana itu bertanggung jawab atas rasa manis buah.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Tomat Sumber Likopen yang Baik

Terlepas dari kandungan gulanya, jeruk memiliki indeks glikemik (GI) rendah dari 31-51. Konsumsi jeruk tidak akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat. Nilai GI yang rendah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. GI rendah jeruk disebabkan oleh kandungan polifenol dan seratnya yang tinggi, yang memoderasi peningkatan gula darah.

  1. Serat

Meski mengandung gula sederhana, jeruk adalah sumber serat yang baik. Satu jeruk berukuran besar atau sekitar 184 gram mengandung 18 persen kebutuhan serat harian. Dilansir dari Healthline, serat utama yang terdapat pada jeruk adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Baca juga: Fakta Nutrisi Brokoli Sebagai Super Food

Serat makanan dikaitkan dengan banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk peningkatan kesehatan pencernaan, penurunan berat badan, dan kolesterol.

  1. Lemak

Buah jeruk segar hampir tidak mengandung lemak. Selain itu, buah ini juga bebas kolesterol.

  1. Protein

Seperti lemak, protein dalam jeruk juga tidak banyak. Bahkan, dapat dikatakan jeruk merupakan sumber protein yang buruk.

  1. Vitamin dan mineral

Jeruk kenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Tapi tak hanya vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin dan mineral lain seperti tiamin, folat, dan kalium.

Baca juga: Kaya Lemak Baik, Segudang Manfaat Alpukat Bagi Ibu Hamil

  • Vitamin C. Satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan harian vitamin C.
  • Tiamin. Jeruk juga mengandung tiamin atau vitamin B1 yang juga ditemukan dalam berbagai macam makanan.
  • Folat. Jeruk memiliki kandungan asam folat atauvitamin B9 yang memiliki banyak fungsi penting dan ditemukan di banyak makanan nabati.
  • Kalium. Jeruk adalah sumber kalium yang baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang sudah memiliki kadar tinggi dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Senyawa lainnya Jeruk juga kaya akan berbagai senyawa tanaman bioaktif, yang diyakini bertanggung jawab atas banyak efek kesehatan yang bermanfaat.

Baca juga: Hari Osteoporosis Sedunia, Cegah dengan Menjauhi Makanan Berikut Ini

Dua golongan utama senyawa tanaman antioksidan pada jeruk adalah karotenoid dan fenolat (senyawa fenolik).

Jeruk adalah sumber senyawa fenolik yang sangat baik – terutama flavonoid, yang berkontribusi pada sebagian besar sifat antioksidannya.

Semua buah jeruk mengandung antioksidan karotenoid yang tinggi, yang bertanggung jawab atas warnanya yang kaya.

Jeruk dan buah jeruk lainnya tinggi asam sitrat dan sitrat, yang berkontribusi pada rasa asamnya. Penelitian menunjukkan bahwa asam sitrat dan sitrat dari jeruk dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait