10 Kebiasaan Buruk Mengganggu Kesehatan

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur

Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur, baik itu makan besar atau ngemil, bisa meningkatkan asupan kalori dan menyebabkan penambahan berat badan.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition  tahun 2017 menunjukkan bahwa makan saat tubuh sedang mengalami kenaikan kadar melatonin dapat menyebabkan peningkatan lemak tubuh. Kadar melatonin sendiri meningkat saat hari sudah petang.

Saat siang hari, tubuh berfungsi paling baik dan paling aktif. Sebaliknya, pada malam hari tubuh tidak memetabolisme makanan seefisien seperti pada siang hari. Karenanya, ada baiknya untuk makan makanan terakhir antara tiga sampai empat jam sebelum tidur guna menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   Keuntungan Mengukus Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur terlalu malam

Tidak cukup tidur setiap malam akan membuat kamu lelah di pagi hari dan dapat mempengaruhi berat badan. Penelitian dalam jurnal “Sleep and obesity” dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care tahun 2011 menemukan bahwa kurang tidur memiliki kaitan dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan peningkatan risiko obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati