7 Pentingnya Ucapan Terima Kasih bagi Kesehatan Mental Wajib Kamu Coba

Mitrapost.com Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang lain, tetapi banyak juga orang yang acuh dengan orang lain. Cenderung mementingkan diri sendiri dan ‘cuek’ dengan kehidupan orang lain. Bahkan tidak bersedia menolong jika seseorang memerlukan bantuan. Sebagai insan yang mulia, setiap orang wajib saling menolong saudara sesama manusia.

Sebenarnya rasa tolong menolong juga perlu dikaitkan dengan mengapresiasi orang yang menolong. Ucapan terima kasih berdampak penting bagi hubungan sosial, membiasakan diri untuk mengapresiasi juga bertujuab untuk membangun keharmonisan yang lebih baik dari sebelumnya.

Jika seseorang bersedia membantu, maka ia telah mengorbankan seseuatu untuk membantu orang tersebut, seperti waktu, tenaga, ataupun pikiran. Sebagai orang yang dibantu berkewajiban untuk mengapresiasi, apresiasi tersebut dapat berupa ucapan terima kasih. Meskipun mereka tidak meminta apresiasi setelah dibantu tetapi dengan mengucapkan terima kasih atau kalimat pujian atas perbuatan yang telah dilakukan menjadi terbayarkan.

Baca Juga :   Kenali Manfaat dan Risiko Konsumsi Jamur

Untuk memahami pentingnya apresiasi lebih dalam, perhatikan jenis apresiasi ini;

  1. Pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran menjadi lebih bermakna jika diapresiasi dengan positif
  2. Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran menjadi lebih bermakna jika diapresiasi positif

Ingatlah, bahwa roda itu berputar kadang di atas dan kadang di bawah, tidak bisa selamanya manusia berada di posisi atas, dan tidak selamnya pula seseorang berada di posisi bawah. Sehingga setiap orang pasti pernah dimasa terpuruk dalam hidupnya. Saat berada dalam posisi tersebut, bantuan orang lain seperti keluarga, sahabat, teman, sangat diperlukan untuk melewati masa tersebut.