oleh

Rencana Pemindahan Ibu Kota Dianggap Rawan Penyelewengan

Jakarta, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon mengungkapkan hal mengejutkan ke publik soal rencana pemindahan ibu kota baru.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengatakan, bahwa ada hal yang lebih penting mendapatkan sorotan daripada pertanyaan soal apakah ibu kota negara benar-benar bisa dipindahkan atau tidak.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Ia mengungkapkan beberapa asumsi-asumsi buruk pemindahan ibu kota setelah mempelajari lebih jauh Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemindahan Ibu Kota Negara (RUU IKN).

“Sesudah saya pelajari lebih jauh wacana ini, pertanyaan yang tepat adalah ke mana dan kepada siapa pemerintah akan memberikan aset-aset negara yang (ada) di Jakarta dan sekitarnya?” ungkap Fadli Zon di kanal YouTube Fadli Zon Official pada 20 Oktober 2021.

Baca Juga :   Tujuan Pemidanaan Bukan Penjeraan Lagi, Tapi Pembinaan Narapidana

“Banyak orang lupa bahwa di belakangnya ada agenda untuk mengalihkan aset-aset negara, baik berupa gedung atau lahan, terutama yang ada di Jakarta, kepada pihak lain,” imbuh Fadli.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, agenda ini kotor dan berbahaya lantaran potensi penyelewengannya sangat besar sekali.

“Saya melihat pola semacam ini akan kembali mengulangi tragedi BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional) di masa lalu,” jelas Fadli Zon.

Selain itu, senada dengan Fadli Zon, seorang pakar ekonomi Rizal Ramli juga vokal dalam menyuarakan kritiknya.

Salah satu hal yang dikritik Rizal Ramli adalah tentang pembiayaan ibu kota baru tersebut.

“Pertama, disebutkan sebagian pakai anggaran pemerintah. Kedua, nanti dibiayai dengan jual kantor-kantor strategis di Sudirman, depan Monas dijual atau disewakan ke swasta dan lalu uangnya dipakai untuk membangun,” jelas Rizal Ramli. (*)

Baca Juga :   Hal-hal Krusial di Masa Pandemi yang Mengharuskan Indonesia Bangkit dan Tetap Satu

 

 

Artikel ini telah tayang di wartaekonomi.co.id dengan judul “Fadli Zon Bongkar Agenda Kotor di Balik Pemindahan Ibu Kota, Wow”.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait