BMKG Ungkap Penyebab Cuaca Ekstrem di Malang

Untuk mitigasi, Luthfi imbau masyarakat agar juga harus tahu kapan dan di daerah mana saja yang dimungkinkan akan mengalami atau terjadi cuaca ekstrem. Dia mencontohkan, pada siang dan sore hari warga bisa memantau kondisi visual awan, memantau melalui aplikasi info dari BMKG, melalui kanal-kanal resmi BMKG yaitu bmkg.go.id maupun di juanda.jatim.bmkg.go.id serta berbagai media sosial, baik Twitter atau Instagram.

“Melalui kanal-kanal resmi itu, kami di BMKG sudah lengkap menyajikan informasi seperti peringatan 3 harian terkait potensi hujan dengan intensitas tinggi atau cuaca ekstrem. Warga dapat memantau melalui kanal-kanal itu di pagi hari untuk mengetahui prakiraan cuaca pada siang dan sore hari. Setelah diatas jam 12 siang, masyarakat dapat mengecek lagi daerah mana saja yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem, sehingga lebih waspada dan dapat terhindar dari dampak cuaca ekstrim tersebut,” urai Luthfi.

Baca Juga :   Hujan Es Terjadi di Malang

Pernyataan serupa disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM. Menurutnya, di tengah cuaca ekstrem ini, bencana bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat dihindari serta masyarakat harus selalu waspada untuk meminimalisir adanya dampak dari cuaca ekstrem ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati