Mesin CNC Tak Akan Menggeser Eksistensi Pengukir Kayu di Jepara

Sementara, Bupati Jepara Dian Kristiandi menyebut, seni ukir adalah budaya yang diwariskan turun-temurun di Jepara.

Berdasarkan data tahun 2020, unit usaha besar yang dimiliki Jepara di sektor ini dikelola 387 eksportir. Sedangkan, skala kecil hingga menengah mencapai 3.438 unit usaha. Sektor ini mendominasi kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan rata-rata berkisar 34,5 persen. Mebel ukir juga mendominasi penyerapan tenaga kerja, nilai investasi, nilai produksi, dan nilai ekspor Jepara.

Keyakinan ini diperkuat pengukir milenial Hendra Styawan. Menurutnya, meski dalam jumlah yang terbatas masih terdapat pengukir milenial yang begitu mencintai Jepara dan budaya. Komunitas ini menggariskan, generasi muda Jepara adalah trah pengukir yang harus menguri-uri budaya adiluhung tersebut.

Baca Juga :   Rencana Peresmian Gedung Asosiasi Korea, Diharapkan Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Selain lomba mengukir yang digelar rutin di Jepara, ada sejumlah upaya lain juga dilakukan untuk mewariskan ukir. Di antaranya melalui lembaga pendidikan formal dan melibatkan organisasi kemasyarakat. Demikian juga dengan berbagai fasilitasi kepada asosiasi-asosiasi dan pelaku industri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati