oleh

Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.com – Gunung Semeru Kembali meluncurkan awan panas guguran pada hari ini, Rabu (5/12/2021) pagi, tepatnya pukul 8.35 WIB.

Hal ini berdasarkan pada laporan dari Pos Gunung Api Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Berdasarkan catatan dari PVMBG, jarak luncur awan panas guguran ini mencapai 5.000 meter ke arah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

Adapun pergerakan seismograf menunjukan amplitudo maksimum 26 milimeter dengan durasi 969 detik.

Kemudian, tinggi kolom abu berwarna cokelat teramati kurang lebih 1500 meter di atas puncak dengan intensitas tebal ke arah tenggara dan selatan.

Untuk diketahui, aktivitas Gunung Semeru ini berdampak pada hujan abu vulkanik tipis di wilayah Desa Kebonseket, Kecamatan Candipuro dan Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga :   BMKG Perkirakan Cuaca Semeru Diguyur Hujan

“Dilaporkan kondisi masyarakat terpantau aman dan kondusif,” terang Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, dalam siaran pers tertulisnya, Rabu (5/1/2022).

Diberitakan sebelumnya, aktivitas Gunung Semeru masih berstatus Level III atau Siaga sejak 16 Desember 2021. Ada sejumlah rekomendasi atas kembali terjadinya APG ini. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar