Vaksin Merah Putih Segera Dilakukan Uji Praklinik dan Klinik

Mitrapost.com – Vaksin Merah Putih segera dilakukan uji praklinik dan klinik, sehingga diharapkan bisa segera berkontribusi dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Berdasarkan penuturan dari peneliti Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman-BRIN, Tedjo Sasmono, perkembangan vaksin Merah Putih sudah dalam tahap hlirisasi di mitra industri, yakni PT Bio Farma.

Ia juga berharap vaksin ini segera dilakukan tahap uji praklinik dan klinik. Dengan begitu bisa menjadi wahana untuk kemandirian bangsa ini terkait dengan riset vaksin.

“Semoga vaksin Covid-19 karya anak bangsa ini bisa berkontribusi dalam penanggulangan pandemi dan menjadi wahana untuk kemandirian bangsa dalam riset vaksin,” jelas Tedjo Sasmono dalam keterangannya, Rabu (26/1/2022).

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala PRBM Eijkman, Wien Kusharyoto mengatakan, vaksin Covid-19 dengan platform sub unit protein rekombinan itu masih dalam proses pengembangan. Ia juga menyatakan bahwa tingkat produksi vaksin ini sudah sesuai dengan taraf yang disyaratkan.