Tak Jalankan SOP Saat PTM, Sekolah Akan Ditutup

“Pemantauan penerapan protokol kesehatan di kelas memang menjadi tugas guru yang mengajar saat itu. Tapi ya siswa harus dipantau saat berada di luar kelas,” paparnya.

Hartopo juga meminta agar siswa diberikan sosialisasi terkait Covid-19, penularan, dan bagaimana cara mengatasinya. Sehingga siswa tak hanya hafal, namun mengerti tujuan penerapan protokol kesehatan. Di sisi lain, pihaknya mengapresiasi upaya guru SMA 2 Bae yang menerapkan sistem 2 shift. Guru dinilai telah bekerja keras mengajar sampai jam 4 sore.

“Saya apresiasi karena para guru mau bekerja keras mengajar sampai jam 4 sore. Tapi yang paling penting penerapan protokol kesehatannya harus benar,” tuturnya.

Beranjak dari SMA 2 Bae, Hartopo meninjau penerapan protokol kesehatan di SMP 5 Kudus. Seperti sekolah sebelumnya, tidak ada skrining pengecekan suhu saat memasuki wilayah sekolah. Hartopo menegaskan akan mengevaluasi penerapan protokol kesehatan dan peran Satgas Covid-19 di seluruh sekolah. Jika tak sesuai SOP saat ijin Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekolah akan dievaluasi dan ditutup.