Dosen Non PNS Pertanyakan Status Kepegawaiannya

Jakarta, Mitrapost.com – Para dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) mengadukan status kepegawaiannya kepada Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Nomenklatur dosen tetap non PNS tidak ada dalam UU No.5/2004 tentang ASN. Hal ini jadi problem serius, sebab tidak hanya status kepegawaiannya, tapi juga karir para dosen tersebut dipertanyakan.


Persoalan itu terungkap dalam dialog para dosen tetap non PNS dengan Komisi X DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, Rabu (30/3/2022).

 

Para dosen tersebut mendesak Komisi X DPR bisa membantu memperjelas status kepegawaiannya untuk peningkatan karir profeional para dosen tersebut.

Baca Juga :   Dewan Pati: Perapian DTKS Seharusnya Bulan Maret Sudah Selesai


Dede saat membuka rapat menyampaikan, para dosen tetap non PNS ini adalah pegawai yang ditempatkan di perguruan tinggi negeri di bawah Kemendikbud Ristek dan Kemenag.

 

Para dosen ini awalnya diangkat berdasarkan Permendikbud No.84/2013 tentang Pengangkatan Dosen Tetap Non PNS di PTN dan Dosen Tetap di PTS. Namun, ada masalah ketika rekrutmen PNS dan PPPK dibuka, para dosen tetap ini tidak termasuk di dalamnya.


“Dosen masuk dalam UU No.14/2005 tentang Guru dan Dosen. Profesinya penting sekali, apalagi di era kampus merdeka ini,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

 

Sementara itu, M. Nur Effendi yang memimpin delegasi dosen tetap non PNS ini menjelaskan, para dosen ini tergabung dalam Ikatan Dosen Tetap Non PNS yang berdiri pada 9 Agustus 2016. Keanggotaannya meliputi PTN dan perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN).

Baca Juga :   BPD Jawa Tengah akan Dapat Anggaran dari Pemkab Pati Rp9,9 Miliar di Tahun 2020


Jumlah dosen tetap non PNS ini berjumlah lebih dari 9500 dosen. Ia menegaskan, para dosen bukan pegawai honorer atau pegawai tidak tetap.

 

Menurutnya persoalan nomenklatur mengemuka lantaran tidak ada dalam UU ASN. Bila di Kemendikbud menggunakan istilah dosen tetap non ASN, maka di Kemenag menggunakan istilah dosen tetap bukan ASN. Ini juga jadi persoalan lain lagi dalam nomenklatur. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati