Pedagang di Kawasan Alun-Alun Pekalongan Akan Dipindahkan ke Pasar Sugihwaras

Pekalongan, Mitrapost.com – Pemerintah Kota Pekalongan berencana memindahkan para pedagang yang berada di kawasan alun-alun ke pasar Sugihwaras.

Pemindahan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menata dan mengembalikan fungsi kawasan alun-alun sebagai Pusat Pengembangan Kota sekaligus Ruang Publik dan Terbuka Hijau, sehingga di kawasan tersebut akan kembali ditata rapi dan lebih baik.

Hal ini sesuai dengan Perda No 30 Tahun 2011 mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kota. Oleh sebab itu, pedagang yang berjualan di kawasan tersebut akan dipindahkan ke Pasar Sugihwaras yang terletak di Jalan dr Cipto.

Kawasan baru tersebut juga sudah siap dioperasikan, dan hanya menunggu agenda peresmian oleh Walikota Pekalongan.

Baca Juga :   Call Center 112 Pekalongan Siap 24 Jam Terima Aduan Masyarakat

Sedangkan untuk peresmian dan pemindahan para pedagang akan direncanakan pada tanggal 10 Agustus 2022.

“Karena dari DLH untuk penataan Alun-Alunnya sudah matang perencanaannya, dan di sisi lain Pemkot Pekalongan juga sudah menyediakan tempat pengganti bagi para pedagang yang berada di Alun-Alun ini baik yang sektor fashion maupun kuliner yaitu di Pasar Sugihwaras yang sudah siap semuanya, maka dari Pemkot pun sudah merencanakan untuk segera merelokasi terhadap seluruh pedagang baik alun baik yg ada di sisi Selatan dan Utara,” terang Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Erli Nufiati saat mewakili Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid dalam kegiatan audiensi Para Pedagang Kuliner Alun-Alun  bersama Komisi B DPRD Kota Pekalongan, berlangsung di Ruang Rapat Komisi setempat, baru-baru ini.