Ancaman Kejahatan Seksual Meningkat di Aplikasi Kencan

Mitrapost.com – Bagi Anda pengguna aplikasi kencan, kini perlu mulai lebih waspada. Pasalnya, ancaman kejahatan seksual jenis sextortion disebut semakin meningkat, utamanya di aplikasi kencan.

Hal ini berdasarkan temuan interpol dengan pihak kepolisian Hong Kong Singapura, yang telah mengungkap sindikat pemerasan seksual yang terjadi lintas negara.

Sebanyak 12 tersangka anggota inti organisasi kriminal ini ditangkap pada Juli dan Agustus. Penyelidik menemukan para tersangka tersebut meminta calon korban untuk mengunduh aplikasi seluler berbahaya untuk terlibat dalam obrolan mesum, melalui platform seks dan kencan onlin.

Di mana, aplikasi tersebut dibuat untuk mengambil daftar kontak ponsel mereka. Dan pengguna tak mengetahui hal itu.

Baca Juga :   Polisi Ringkus Empat Remaja Pelaku Pemerkosaan

Kontak yang diambil itu kemudian yang akan digunakan pelaku untuk memeras dan mengancam akan membagikan video telanjang mereka kepada keluarga atau teman yang ada di kontak mereka.

“Kami melakukan penyelidikan proaktif dan analisis mendalam dari server komando dan kontrol zombie yang menampung aplikasi jahat, yang memungkinkan kami untuk mengidentifikasi dan menemukan individu yang terkait dengan sindikat kriminal,” kata Raymond Lam Cheuk Ho, kepala Biro Kejahatan Teknologi dan Keamanan Siber Kepolisian Hong Kong, dilansir dari CNN Indonesia.