Pataba, Perpustakaan Pribadi yang Menjelma Penerbitan

Blora Mitrapost.com PATABA atau Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa adalah perpustakaan pribadi milik sastrawan Soesilo Toer. Ia mengubah kediaman yang terletak di Blora, Jawa Tengah menjadi perpustakaan pribadi dan kini sekaligun menjadi rumah penerbitan.

Perpustakaan ini didirikan oleh Soesilo Toer pada 30 April 2006, sebagai monumen peninggalan sastrawan besar Indonesia, Promoedya Ananta Toer.

“Dulu namanya Pram Anak Blora Asli, tapi saya ganti jadi Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa, sesuai salah satu judul novelnya,” tutur Soesilo Toer pada Jumat (3/7/2020).

Perpustakaan PATABA menempati ruangan seluas 5X4 meter, di bagian samping masih menyatu dengan bangunan rumah di atas tanah berukuran 3.000 meter persegi. Dulunya ruangan tersebut adalah dapur keluarga Toer yang besarnya seluas lapangan badminton.

Baca Juga :   Soesilo Toer, Penulis dan Pemulung Bahagia

Baca juga: Soesilo Toer, Penulis dan Pemulung Bahagia

Sementara di bagian utama rumah dimanfaatkan untuk memajang berbagai foto Pramoedya Ananta Toer. Selain foto di masa kecilnya, juga foto masa tua, dan berbagai foto lainnya termasuk masa remaja Ibu Kartini dengan dua saudaranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati