Menangis Bisa Membuat Perasaan Lebih Baik, Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Baca juga: Tips Kelola Keuangan Secara Ideal Ketika Single

  1. Menyadari emosi dan mengurangi stress

Menurut laman Bright Spot Therapy, penelitian menunjukkan bahwa air mata membantu kita mendapatkan lebih banyak informasi tentang perasaan seseorang dan membaca suasana hati mereka dengan lebih akurat.

Produksi air mata juga membantu menurunkan kadar kortisol saat kita berada dalam situasi stres tinggi dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yaitu sistem di tubuh yang memperlambat detak jantung dan membantu kita beristirahat.

Baca juga: Manfaat Rebung yang Patut Kamu Ketahui

Jadi, menangis pada dasarnya adalah sinyal tubuh kepada diri sendiri dan orang lain bahwa kamu sedang merasakan emosi yang hebat dan kamu perlu menenangkan diri.

  1. Membantu meredakan rasa sakit
Baca Juga :   7 Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Penelitian dalam Frontiers in Psychology menemuka

Baca juga: Telang, Tumbuhan Liar menjadi Minuman Kaya Manfaat

Bahan kimia ini membuat kita merasa lebih baik serta dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Dengan cara ini, menangis dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan rasa nyaman.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Sebuah penelitian berskala kecil dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Keadaan tersebut mungkin disebabkan karena adanya efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit dari menangis, sehingga dapat membantu kita lebih mudah tertidur.