oleh

Timnas Indonesia Menarik Langkah dari Piala Thomas dan Uber 2020

Mitrapost.com – Tim nasional bulu tangkis Indonesia menyatakan mundul dari kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2020 yang direncanakan akan digelar di Denmark pada 3-11 Oktober mendatang.

PBSI menyampaikan kepastian tersebut melalui laman resminya. Keputusan mundurnya timnas nasional didasarkan oleh  kekhawatiran para atlet terhadap kemungkinan mereka akan terpapar Covid-19, baik dalam perjalanan, di tempat transit atau di tempat pertandingan. Mengingat hingga saat ini pandemi covid-19 belum juga mereda.

Baca juga: Laga Terakhir, Timnas U-19 vs Arab Saudi

Atlet dan ofisial juga mengungkapkan keraguan mereka untuk turut andil di turnamen bergengsi ini, terlebih BWF (Badminton World Federation) tak berani menjamin kesehatan mereka. Jika seandainya Seandainya ada anggota tim yang terpapar Covid-19, terkait siapa yang akan bertanggungjawab menangani dan bagaimana penanganan selanjutnya.

Berdasarkan alasan tersebut, jajaran pimpinan PBSI yaitu Ketua Umum PP PBSI Wiranto, Wakil Ketua Umum I dan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, serta Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti memutuskan tim bulutangkis Indonesia mundur dari Piala Thomas & Uber 2020.

Baca juga: Mantan Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl Tutup Usia

“Tim Indonesia dipastikan mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020. Kami sudah mengirim surat ke Menpora dan akan segera mengirim pernyataan tertulis ke BWF mengenai hal ini,” kata Achmad Budiharto yang dilansir dari Badminton Indonesia. “Keputusan ini diambil setelah kami berdiskui dengan para atlet dan tim ofisial.”

“Kalau ditarik dari awal, semuanya semangat karena melihat kesempatan yang begitu besar. Namun, dalam perjalanan waktu dan mencermati perkembangan Covid-19 yang belum terselesaikan baik di Indonesia maupun negara lain, menimbulkan keraguan para atlet,” tutur Budiharto.

Baca juga: Maguire Didepak dari Timnas Inggris

Dengan mundurnya tim Indonesia dari Piala Thomas dan Uber 2020, otomatis Indonesia juga tidak akan berpartisipasi di ajang Denmark Open I dan Denmark Open II yang merupakan bagian dari turnamen seri Eropa.

Hingga saat ini sudah ada lima negara yang secara resmi mengundurkan diri dari Piala Thomas dan Uber 2020 yaitu Australia, Taiwan, Thailand, Korea Selatan dan Indonesia.
Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait