oleh

Dewan Pati : Pemkab Wajib Kawal IP Investor Asing

Pati, Mitrapost.com – Diketahui pada tahun 2020 ini, 2 perusahaan besar dari Korea Selatan bakal beroperasi di Kabupaten Pati.

Di antaranya adalah Perusahaan tekstil, PT Sejin Fashion Indonesia yang terletak di Jalan Raya Pati – Kudus KM 7, Bumirejo Margorejo.

Sementara, satu lainnya adalah Handal Sukses Karya, yang merupakan PMA dari Korea yang diwacanakan mendirikan pabrik sepatu di Kecamatan Batangan.

Baca juga: Sistem Rujukan RSUD Dinilai Lamban, Dewan Pati Minta Pemkab Perbaiki

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab Pati) untuk mengawal izin prinsip (IP) dari kedua investor negeri gingseng tersebut.

“Tentang kepemilikan modalnya dulu, ini kan sebetulnya perubahan dari PMDN atau penanaman modal dalam negeri menjadi ful kepemilikan asing . Maka kita minta untuk izin prinsipnya diurus,” kata politisi Partai PKS itu, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Masa Pandemi, Dewan Pati Minta Penyusunan APBD 2021 Lebih Cermat

Hal ini dianggap penting lantaran menerima investor bukan semata-mata untuk prioritas naiknya pendapatan asli daerah, melainkan kesejahteraan para pegawai penduduk asli Pati juga perlu mendapat perhatian dari pemkab.

“Karena kalau sudah keluar sebagai modal dalam negeri tapi kemudian diambil alih oleh asing harus diurus, sehingga semuanya menjadi aman,” terang Narso.

Baca juga: Isu RS Palsukan Pasien Covid-19, Dewan Pati: Itu Tak Benar!

Izin Prinsip (IP) adalah perizinan usaha pertama dari lembaga pemerintah yang harus dimiliki oleh setiap investor saat hendak memulai investasi di Indonesia.

Untuk investor baru, diharuskan mengurus Izin Prinsip untuk memulai usaha baru dalam ruang lingkup penanaman modal PMDN atau PMA. (Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed