Kandungan Nutrisi Jeruk, Buah Sejuta Umat

Baca juga: Kaya Nutrisi, Tomat Sumber Likopen yang Baik

Terlepas dari kandungan gulanya, jeruk memiliki indeks glikemik (GI) rendah dari 31-51. Konsumsi jeruk tidak akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat. Nilai GI yang rendah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. GI rendah jeruk disebabkan oleh kandungan polifenol dan seratnya yang tinggi, yang memoderasi peningkatan gula darah.

  1. Serat

Meski mengandung gula sederhana, jeruk adalah sumber serat yang baik. Satu jeruk berukuran besar atau sekitar 184 gram mengandung 18 persen kebutuhan serat harian. Dilansir dari Healthline, serat utama yang terdapat pada jeruk adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Baca juga: Fakta Nutrisi Brokoli Sebagai Super Food

Baca Juga :   Atur Pola Hidup Sehat, Jangan Sampai Penyakit Lebih Dulu Menyerangmu

Serat makanan dikaitkan dengan banyak efek kesehatan yang bermanfaat, termasuk peningkatan kesehatan pencernaan, penurunan berat badan, dan kolesterol.

  1. Lemak

Buah jeruk segar hampir tidak mengandung lemak. Selain itu, buah ini juga bebas kolesterol.

  1. Protein

Seperti lemak, protein dalam jeruk juga tidak banyak. Bahkan, dapat dikatakan jeruk merupakan sumber protein yang buruk.

  1. Vitamin dan mineral

Jeruk kenal sebagai sumber vitamin C yang baik. Tapi tak hanya vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin dan mineral lain seperti tiamin, folat, dan kalium.