Ketahui Bahan Menu MPASI yang Baik Untuk Kesehatan Tulang Bayi

Mitrapost.com – Selain Air Susu Ibu (ASI), Makanan Pendamping (MP) ASI juga tak kalah pentingnya bagi tumbuh kembang bayi. Maka dari itu, tidak boleh asal memilih bahan makanan untuk bayi Anda.

Salah satu kandungan yang harus ada di dalam setiap makanan bayi adalah kalsium. Dalam sehari, bayi berumur 6-12 bulan membutuhkan 270 miligram kalsium, sementara anak di atas 12 bulan membutuhkan lebih dari 600 miligram.

Baca juga: Kacang Merah Kaya Serat dan Manfaat Bagi Kesehatan

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, simak beberapa bahan MPASI yang baik bagi pertumbuhan tulang bayi.

  1. Yoghurt

Di dalam yoghurt terkandung zat-zat protein, kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium yang baik untuk perkembangan tulang si kecil. Selain itu, yoghurt juga baik untuk pencernaan anak karena mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga :   4 Cara Mudah dan Efektif Bersihkan Panci Gosong

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Untuk Kesahatan Mental

  1. Ikan Sarden

Sarden mengandung tinggi kalsium, zat besi, protein, vitamin D, vitamin B, dan Zinc. Tak hanya bagus untuk perkembangan tulang anak, sarden juga mengandung tinggi lemak omega 3 yang bermanfaat bagi penglihatan bayi, kesehatan jantung, perkembangan sistem saraf pusat, dan pertumbuhan sel.

  1. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa diolah sebagai makanan bayi. Bayam dikenal mengandung banyak nutrisi dari vitamin A, vitamin C, fosfor, tiamin, folat, kalium, magnesium, natrium, asam pantotenat, niacin, riboflavin, besi, selenium, tembaga, antioksidan, dan mangan. Umumnya, bayam merah lebih banyak kandungan kalsium daripada bayam hijau, sehingga sangat baik diberikan pada bayi agar di tumbuh dengan optimal.