Hal-hal Krusial di Masa Pandemi yang Mengharuskan Indonesia Bangkit dan Tetap Satu

Baca juga: 3 Admin Medsos Ditangkap Polisi Karena Ajak Pelajar Rusuh Saat Demo UU Cipta Kerja

Banyak demonstrasi terjadi di berbagai wilayah agar UU Cipta Kerja dibatalkan. Pembuatan UU dengan sistem sapu jagat atau omnibus law ini dinilai masyarakat terlalu terburu-buru untuk disahkan. Terlebih, dalam proses pembahasannya tidak ada transparansi yang jelas kepada masyarakat. Padahal Undang-Undang ini tidak hanya mencakup satu lini.

Lalu, yang baru-baru ini membuat masyarakat semakin gatal dengan pemerintah adalah pembangunan kawasa ekonomi khusus di Taman Nasional Komodo atau dalam rencana kerja pemerintah disebut Jurassic Park di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur.

Masalah ini sudah menjadi sorotan masyarakat, namun akhir-akhir semakin santer sejak tersebar foto di media sosial yang menunjukkan seekor komodo berhadap-hadapan dengan truk membawa perlengkapan konstruksi. Foto tersebut diduga berada di Pulau Rinca, NTT, yang merupakan kawasan Taman Nasional Komodo. Kawasan taman nasional ini sendiri telah menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai habitat hewan endemik, Komodo.